Dosen Ekonomi Pembangunan Kembali Raih Gelar Doktor

Januari 8, 2018 oleh : superadmin-eco

Penganugerahan gelar doktor diberikan kepada Ayief Fathurrahman, SE, SEI, MSI dari Program Doktor, Program Pascasarjana, Universitas Islam Indonesia pada Senin 08 Januari 2018. Pemberian gelar tersebut dalam rangka pengakuan atas disertasi yang dilakukan yang berjudul "PENGARUH FRACTIONAL RESERVE BANKING DAN FINANCIAL VARIABLE TERHADAP KINERJA DAN KESEHATAN PERBANKAN (KONVENSIONAL DAN SYARIAH) DI INDONESIA. Penganugerahan gelar tersebut semakin sempurna dengan nilai IPK yang didapatkan yaitu 3,81 dengan predikat sangat memuaskan.

Pada disertasinya, Ayief menyebutkan beberapa alasan penting mengenai penelitian yang dilakukan. Pertama, modal terbesar perbankan adalah trust dari masyarakat, sehingga menjadi suatu keharusan pihak bank untuk meyakinkan masyarakat dengan meningkatkan prestasi kinerjanya dan memenuhi standar kesehatan yang sudah ditetapkan oleh OJK. Kedua, fungsi financial intermediary mendorong bank  untuk menerapkan praktek fractional reserve banking. Ketiga, adalah praktek fractional reserve banking juga diterapkan di perbankan syariah, baik di Malaysia dan maupun di kawasan Gulf Cooperation Council (GCC) Timur Tengah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi praktek fractional resereve banking (FRB) baik di perbankan konvensional maupun di perbankan syariah dengan tingkat kedalaman (severity) yang berbeda-beda. Kedua, dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa FRB memberikan tekanan kuat terhadap penurunan kinerja dan kesehatan Bank Umum di Indonesia. Kondisi tersebut mengakibatkan munculnya potensi mis-macth maturity. Kondisi ini disebabkan jumlah kredit yang disalurkan oleh perbankan di Indonesia mengalami ekspansi yang signifikan. Meskipun demikian, pertumbuhan kredit masih dalam keadaan normal dan tidak masuk dalam katagori excessive redemption. Hal ini dibuktikan dengan baiknya pengaruh credit growth terhadap kinerja perbankan nasional. Ketiga, Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa FRB memberikan tekanan sangat kuat terhadap penurunan kinerja dan kesehatan Bank Umum Syariah di Indonesia. 

Dengan lulusnya uji disertasi yang dilakukan, maka sejak saat ini saudara Ayief Fathrurrahman dinyatakan sah menyandang gelar Doktor (Dr). Kami menunggu karya-karyanya kedepan, tutur Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D. selaku rektor Universitas Islam Indonesia (UII) sekaligus ketua sidang. Selain itu, menurut Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA selaku promotor mengungkapkan bahwa masih sedikit sekali ahli-ahli ekonomi islam saat ini. Oleh karena itu saya berharap saudara Ayief dalam lima hingga sepuluh tahun kedepan menyandang gelar profesor untuk turut menjadi ahli-ahli ekonomi islam khususnya di Indonesia, pungkasnya. [WM]

 

Sharing is caring!