Divisi Hubungan Internasional Universitas Khon Kaen menyelenggarakan pertemuan masyarakat yang disebut 1st KKU Blood Indonesia Reunion pada hari Sabtu (11/11) yang berlangsung di Hotel Alana, Yogyakarta. Agenda ini terutama ditujukan untuk mengumpulkan alumni Indonesia yang telah menyelesaikan gelar master dan doktoralnya dari berbagai jurusan, mulai dari keperawatan, teknik hingga humaniora dan ilmu sosial.

Dalam acara tersebut, Susilo Nur Aji Cokro Darsono, SE., M.RDM, alumni IPIEF (angkatan 2011) dan alumni KKU (2016) dalam Magister Manajemen Pembangunan Pedesaan, ditunjuk menjadi ketua pertama Alumni KKU Indonesia, organisasi didirikan untuk mengkoordinasikan alumni Indonesia, untuk memastikan kerjasama antar alumni yang berasal dari Indonesia dan juga untuk membantu mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh Master dan Doktor disana dengan informasi yang tepat. Dia menambahkan, dengan mengatakan: “Agenda komunitas ini setiap tahun diadakan untuk menjaga jaringan alumni Indonesia yang meluas. Sebagai konsekuensinya, komunitas ini pasti membutuhkan koordinasi dan upaya ekstra untuk mencapai tujuan utama organisasi ini. ”

“Agenda ini tidak hanya bertujuan mengkoordinasikan alumni Indonesia, namun juga untuk mengungkapkan informasi terperinci tentang bagaimana mengikuti gelar Master, Doktor dan Pasca Doktor di Universitas ini. Untuk itu, KKU akan mengadakan acara pameran di beberapa kota besar di Indonesia, yang memungkinkan pelajar Indonesia yang ingin mengikuti program pascasarjana untuk meminta semua informasi yang mereka butuhkan, “kata sumber.

Perlu dicatat bahwa kerjasama internasional semakin krusial saat ini bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), khususnya Program Internasional untuk Ekonomi dan Keuangan Islam (IPIEF) karena visinya adalah menjadi departemen terdepan di ASEAN. Bisa dilihat, misalnya, dari kerja sama yang dipromosikan oleh IPIEF UMY dengan Universitas Khon Kaen (KKU) Thailand melalui program kolaboratif yaitu mengunjungi dosen yang sebelumnya telah diadakan. Akhirnya, pemilihan dosen IPIEF sebagai Presiden Alumni KKU Indonesia mungkin akan memperkuat budaya akademik di antara kedua perguruan tinggi tersebut. [Aw]

Sumber IPIEF, diterjemahkan.

Sharing is caring!