Himbauan Kaprodi Ekonomi Pembangunan kepada warganet

November 18, 2017 oleh : superadmin-eco

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini segala informasi akan mudah dilihat dan dibagikan kepada semua orang.

Pengguna akun jejaring sosial pun tidak hanya terbatas perseorangan namun juga beberapa lembaga resmi mulai menggunakannya sebagai sarana berbagi informasi dan aktifitas di era digital ini. Mudahnya memberikan informasi menjadi alasan mendasar untuk menggunakan sarana aplikasi yang sangat mudah untuk didapatkan.

Beredarnya akun-akun jejaring sosial yang mengatasnamakan instansi resmi memberikan efek positif dan negatif. Dampak positif yang dapat diambil adalah adanya publikasi nama dan kegiatan yang dilakukan atas instansi resmi tersebut namun sekaligus merugikan jika digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kejahatan.

Melihat fenomena tersebut, Kaprodi Ekonomi Pembangunan Dr. Imamudin Yuliadi menghimbau kepada para pengguna jejaring sosial untuk lebih selektif dalam mengakses akun-akun yang ada. Saat ini terdapat banyak sekali akun yang mengatasnamakan prodi Ekonomi Pembangunan (dulu Ilmu Ekonomi), padahal prodi sama sekali belum memiliki akun resmi, ungkapnya. Hal yang dikhawatirkan adalah sewaktu-waktu terdapat pihak yang mengatasnamakan prodi namun melakukan perbuatan yang tidak bertanggungjawab, tentu harus ada antisipasi dan penanganan.

Dr. Imamudin menambahkan, perlu adanya penertiban terhadap akun-akun yang mengatasnamakan prodi tersebut supaya tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Selain itu, beliau juga berharap adanya dukungan kepada seluruh pihak untuk terlebih dahulu mengkonfirmasi kebenaran terhadap apapun yang mengatasnamakan prodi jika meragukan. Dibutuhkan solusi yang baik terkait hal ini, kedepan mungkin akan kita buat akun resmi untuk mempermudah akses semua orang terhadap kita, pungkasnya. (WM)

Sharing is caring!