Kesehatan dan Kesejahteraan

Kesehatan dan kesejahteraan

Dalam upaya  memberikan pelayanan kesehatan   bagi

mahasiswa, UMY memberikan beberapa fasilitas kesehatan berupa:

  • Poliklinik

Poliklinik merupakan fasilitas kesehatan yang disedia- kan bagi seluruh sivitas akademika UMY secara gratis.

Fasilitas yang disediakan berupa pemeriksaan kesehat- an, penanganan medis maupun layanan obat untuk kese- hatan umum dan gigi pada tingkat pertama. Apabila pe- nyakit yang diderita membutuhkan penanganan lebih lan- jut maka pasien akan dirujuk untuk mendapatkan rawat ja- lan tingkat lanjut ke fasilitas kesehatan yang lebih leng- kap di Asri Medical Centre dan RS PKU Muhamammdiyah.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

 

UMY bekerjasama dengan BPJS, memberikan jaminan kes- ehatan bagi mahasiswanya. Program ini di tujukan guna mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak terduga, seperti kecelakaan, sakit, dan lain-lain. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjamin kesehatan mahasiswa melalui BPJS dan/ atau asuransi lain yang menjadi mitra UMY, sehingga maha- siswa yang mendapat penanganan khusus akan mendapatkan potongan pembayaran, sehingga sangat membantu meringan- kan biaya bagi mahasiswa dan keluarga.

  • Santunan Kesejahteraan Mahasiswa

Santunan Kesejahteraan Mahasiswa yang meliputi hukum diselenggarakan oleh UMY dan/atau bekerja sama dengan pihak luar UMY, yang bertujuan untuk memberikan keseha- tan, kesejahteraan dan pendampingan bagi segenap sivitas akademika UMY, khususnya mahasiswa.

Prosedur Layanan Kesehatan UMY

Prosedur Layanan Kesehatan UMY

A. LAYANAN KESEHATAN

Berikut ini merupakan prosedur/skema layanan kesehatan yang ada di poliklinik UMY

  1. Pasien/ keluarga pasien datang langsung menuju kebagian pendaftaran
  2. Pasien/keluarga pasien memberikan kartu BPJS/kartu mahasiswa
  3. Petugas menerima kartu pasien
  4. Pada pasien baru: Petugas mengisi identitas pasien, pada pasien lama: petugas memasukkan nomor rekam medis/ nomor kartu pada SIM klinik
  5. Pasien mengisi lembar kunjungan ke klinik
  6. Petugas memasukkan nama pasien ke dalam daftar konsultasi umum/konsultasi gigi sesuai dengan tujuan pasien dan sesuai dengan jaminan kesehatan yang dimiliki (BPJS/Dana Kesehatan Mahasiswa)
  7. Petugas mengarahkan pasien/keluarga pasien ke ruang tunggu untuk menunggu antrian pemeriksaan
  8. Pasien diperiksa oleh dokter
  9. Pasien menyerahkan resep dokter ke meja pendaftaran
  10. Pada pasien rujukan pasien menyerahkan surat rujukan yang diberikan dokter kependaftaran untuk didata dan diberikan cap (penanganan lebih lanjut dapat dirujuk ke 4 rumah sakit rekanan UMY, seperti RSU PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta, RSU PKU Muhammadiyah Gamping, Klinik Pratama Firdaus, dan Asri Medical Center (AMC)).
  11. Pasien menunggu obat atau surat rujukan disiapkan
  12. Pasien mengambil obat atau surat rujukan
  13. Pasien pulang

Gambar skema pelayanan poliklinik UMY dapat di download disini

 

B. SANTUNAN KESEJAHTERAAN

Berikut ini merupakan prosedur/skema pengajuan santuan kesejahteraan

  1. Mahasiswa/keluarga ke Klinik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  2. Batas waktu pengajuan santunan kesejahteraan maksimal 30 hari /  1 (satu) bulan setelah mendapatkan pelayanan dari rumah sakit (tanggal tertera dalam kwitansi pembayaran rumah sakit)
  3. Mahasiwa/keluarga menyerahkan data yang dibutuhkan:
     Fotocopy KTM aktif
    Bukti Pembayaran Asli dari rumah sakit 
            surat keterangan kematian dari pejabat setempat

4. Mahasiswa/keluarga mencatat dibuku santunan kesejahteraan

5. Mahasiswa/keluarga mengisi formulir santunan kesejahteraan

6. Setelah dana diproses

7. Mahasiswa/keluarga akan dihubungi oleh petugas untuk mengambil santunan kesejahteraan

8. Mahasiswa/Keluarga datang ke LPKA untuk mengambil dana santunan kesejahteraan dengan membawa

persyaratan dan formulir pengajuan yang telah diisi.

Formulir pengajuan santunan kesejahteraan dapat di download DI SINI