Melihat Pendidikan Lewat HIMIE Mengajar

November 19, 2017 oleh : superadmin-eco

“Education is all a matter of bulding bridges” –Ralph Ellison. Begitulah yang pernah dikatakan oleh Ralph Ellison, saya sangat setuju dengan pernyataannya, and a bridge to freedom of choice would be education. Pendidikan adalah hal yang sangat penting, maka dari itu HIMIE UMY membuat suatu program bernamakan “HIMIE Mengajar” yang dimana program ini dimaksudkan untuk membantu anak anak yang sulit mendapatkan pendidikan layak di sekolah. Di program ini para anggota HIMIE akan bersama sama mengunjungi salah satu pondok pesantren Al-Ghifari yang terletak di Getan, Sidorejo, Lendah, Kulon Progo Yogyakarta. Nantinya kita akan saling belajar, pengajarnya sendiri adalah dari pihak anggota HIMIE, hanya ada 2 mata pelajaran yang diajarkan pada program ini, yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, program ini rutin dilakukan setiap 2 minggu sekali.

Memang terkesan sepele, dan terkesan bahwa program ini tidak akan terlalu membawa pengaruh apa apa bagi anak anak ini. Tapi kenyataan yang sudah kami alami, anak anak yang menjadi murid pada program ini memang benar benar masih perlu banyak belajar dan diajarkan lagi, sehingga sedasar apapun yang diajarkan itu sangat berpengaruh bagi mereka, masih banyak hal hal yang seharusnya mereka sudah ketahui pada saat usianya sekarang tapi mereka belum tau sama sekali, mereka benar benar membutuhkan pendidikan.

Ini baru disatu wilayah, dan disatu pondok saja. Bayangkan ada berapa wilayah di Indonesia dan berapa banyak anak anak di Indonesia yang mengalami hal seperti mereka, terjebak dalam kebodohan. Ini sangat menyedihkan dan membahayakan, apalagi dalam membangun Indonesia pemerintah membutuhkan bantuan rakyatnya, bagaimana rakyatnya bisa membantu jika banyak rakyatnya yang tidak bersekolah dari kecil, banyak rakyatnya yang masih buta huruf. Anak-anak yang kurang mendapat pendidikan ini suatu hari akan tumbuh dewasa, ketika mereka besar ditakutkkan mereka tidak memiliki keterampilan untuk bekerja, penggangguran di Indonesia akan bertambah. Tidak heran jika banyak yang mengatakan bahwa SDM Indonesia maish kurang berkualitas.

Pendidikan adalah jembatan masa depan anak bangsa. Maka dari itu, pendidikan adalah isu yang sangat penting untuk diperhatikan, dan program sejenis “HIMIE Mengajar” ini menurut saya sendiri membawa pengaruh yang cukup baik, semoga ke depannya akan semakin banyak program program sejenis ini dari pihak lain, agar bersama sama kita dapat cerdaskan anak anak Indonesia. (Shores)

Sharing is caring!