Cerita Dari Rakoornas III IMEPI Nasional

September 28, 2018 oleh : superadmin-eco

Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UMY mengirimkan 2 orang delegasi untuk mengikuti dan berkontribusi dalam Rapat Koordinasi Nasional (RAKOORNAS) III Ikatan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Indonesia (IMEPI). Acara RAKOORNAS tersebut dilaksanakan di kota Padang, Sumatera Barat. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari yaitu pada 23 – 27 September 2018. Pesertanya adalah delegasi-delegasi yang berasal dari seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam IMEPI.

IMEPI sendiri merupakan organisasi nasional mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) di seluruh Indonesia. Pendirian IMEPI sendiri merupakan salah satu dari hasil temu nasional mahasiswa jurusan  Ekonomi Pembangunan di Bandung pada tanggal 21 Oktober 2001. Keberadaan IMEPI diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa EP dalam mengembangkan kreatifitas dan intelektualitas sehingga nantinya dapat berkontribusi bagi pemecahan masalah ekonomi yang dihadapi Indonesia.

Sidang RAKOORNAS III yang diselenggarakan di kota rendang tersebut di pimpin oleh Akhyar Siddiq yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai presidium I ditemani oleh Imran dari Universitas Haluoleo Sulawesi Tenggara  dan Muhammad Risqi dari Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat sebagai presidium II dan III. Sidang berjalan lancar dan tertib dengan beberapa pembahasan mulai dari evaluasi kinerja IMEPI Nasional, laporan dari IMEPI wilayah yang terdiri dari 8 wilayah, pelantikan anggota muda IMEPI, sampai pembahasan persiapan KONGRES IMEPI Nasional.

Selain sidang RAKOORNAS ada berbagai macam agenda menarik lainnya. Salah satunya  sesi diskusi yang membahas tentang perkembangan antar HMJ Ekonomi Pembangunan yang tergabung dalam IMEPI. “Ya, kemarin ada sesi sharing juga tentang HMJ masing-masing oleh ketua atau perwakilan dari HMJ EP yang tergabung dalam IMEPI.” Ujar Akhyar, salah satu delegasi dari UMY.

Lebih lanjut ia menambahkan sesi itu sangat bermanfaat sekali. “dari diskusi kemarin banyak hal yang bisa diambil sebagai pelajaran bagi saya pribadi dan juga sebagai bekal untuk kepengurusan HIMIE nantinya”.

Menurut Akhyar keberadaan IMEPI tidak lepas dari kontribusi Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UMY. Sebut saja pembentukan asosiasi Alumni IMEPI yang dideklarasikan di UMY, KONGRES IMEPI yang ke-9 tahun 2016 kemarin juga dilaksanakan UMY dan UMY menjadi kampus swasta pertama yang menjadi tuan rumah acara akbar IMEPI tersebut.

Hairunnas yang juga merupakan delegasi dari UMY menambahkan “selain itu ada pula kanda Kiki Muzakki mahasiswa prodi ilmu ekonomi UMY merupakan Sekretaris Jenderal (jabatan tertinggi di IMEPI) pertama IMEPI periode 2001-2002. Salah satu dosen EP UMY yaitu Dimas Bagus Wiranata Kusuma, Ph.D., beliau juga pernah menduduki jabatan sekretaris jenderal IMEPI ke-4 periode 2007-2009”. [Report HIMIE]

Sharing is caring!