Sistem Perkuliahan

Sistem Kuliah

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hirarkinya. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber. Model pembelajaran juga mendorong mahasiswa untuk aktif mencari sumber-sumber referensi melalui media onlineĀ  sebagai bahan untuk diskusi dan presentasi di kelas sehingga mahasiswa diajarkan bagaimana memanfaatkan sumber data secara optimal.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Dalam perencanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) agar outcome yang dihasilkan memiliki kompetensi yang diharapkan maka Program Studi Ekonomi Pembangunan merancang kurikulum yang terstruktur, terintegrasi dan komprehensif. Alur pengambilan mata kuliah membentuk alur tertentuĀ  (terstruktur) sehingga menghasilkan kompetensi yang utuh sebagai seorang ekonom yang ahli dibidangnya. Desain dan jenis mata kuliah disusun secara terintegrasi membentuk kompetensi yang utuh pula, sehingga gabungan dari beberapa mata kuliah dapat menghasilkan kompetensi tertentu.

Secara keseluruhan, kurikulum yang disusun dan metode pembelajaran yang dirancang akan menghasilkan kompetensi lulusan yang menguasai bidang ilmu ekonomi (kompetensi utama) dengan keunggulan tertentu (kompetensi pendukung) dan keahlian lain yang mendukung karir ekonom (kompetensi lainnya).

Praktikum

Deskripsi Praktikum:

  1. Praktikum Apresiasi Komputer.
    Praktikum ini menggunakan Software MS Word, Excell, dan Power Point.
  2. Praktikum Aplikasi Komputer
    Praktikum ini menggunakan Software SPSS dan EVIEWS.
  3. Praktikum Perbankan Syariah
    Praktikum ini merupakan model pembelajaran yang disempurnakan dari model SBOP atau Syariah Banking Operation Program yang diterapkan sebelumnya.

No

Nama Praktikum

Waktu Pelaksanaan

Lokasi Praktikum

1

Praktikum Apresiasi Komputer

1 Jam/minggu (12Xpertemuan)

Laboratorium IT dan Pusat Komputer

2

Praktikum Elektronik Data Prosesing

1 Jam/minggu (12Xpertemuan)

Laboratorium IT dan Pusat Komputer

3

Praktikum Perbankan Syariah

2 Jam/minggu (14Xpertemuan)

Mini Bank FE UMY